CARA BISNIS YANG SAYA TERAPKAN
Assalammualaikum Warah Matullahi Wabarakatuh
Subhanallah, sungguh lagi bulu kudukku berdiri mengingat kebesaran
Allah, bagaimana sempurnanya Islam mengatur kehidupan manusia dalam setiap segi dan sisi kehidupan.
Semua ini tertuju bagi Rabb ku, sungguh cinta-Nya yg ku damba dan ridhonya yang kunanti, dan balasan lain sangatlah tidak sepadan dengan yang Rabb ku siapkan.
Bismillahirrahmanirrahim.
Dalam bisnis marketing memainkan peranan yang sngat penting, sebagus apapun produk anda jika tidak ada yg membeli maka akan menjadi barang usang. Nah, bagaimana Allah mengajari kita dalam strategi marketing?
Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mukmin dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hambanya selama hambanya menolong saudaranya.”(HR. Muslim)
Jelas dari hadis tersebut, tercantum inti dari marketing yg harus dijalankan oleh seorang pebisnis, sebagai berikut:
* bagaimana produk yg anda hasilkan akan berguna bagi konsumen
* bagaimana layanan yg anda berikan mampu memberikan kenyamanan bagi konsumen
* bagaimana produk anda menjawab kesulitan-kesulitan yang dihadapi konsumen
* bagaimana anda memberikan alternatif-alternatif pilihan dalam produk anda untuk menjawab tingkat kemampuan konsumen
* bagaimana produk anda mencapai dan menjangkau semua kalangan dan bukan hanya teruntuk pada kelompok ekslusif tertentu
Itu adalah inti dari marketing. Bijaknya seorang pebisnis mampu melihat produk yg akan dihasilkannya. Katakanlah jika masih banyak dari kalangan masyarakat masih terlalu susah untuk mampu mbeli rumah, atau mndapatkan beras, maka langkah yg bijak setelah menilai keadaan tersebut bukanlah membuka butik baju-baju mahal dan bermerk, tapi bagaimana ia mampu mengeluarkan produk yg bisa menjawab permasalahan tersebut.
Contoh: mengeluarkan produk perumahan yg mampu dijangkau oleh semua kalangan/menjual beras yg mampu di beli oleh semua lapisan, ini adalah langkah bijak yang bisa di ambil stelah menilai keadaan umum masyarakat, dan tentunya produk anda akan booming insya Allah, krena memang produk andalah yang dibutuhkan oleh sebagianbesar masyarakat.
Pelayanan perusahaan memainkan peranan penting dalam memberi kenyamanan pada konsumen. Jelas jika setiap orang ingin dihormati dan diberi pelayanan memadai bukan hanya dinilai dari besar atau kecilnya pesanan konsumen tersebut.
Bijaknya bagaimana pelayanan anda mampu membuat client tdak perlu terlalu bersusah payah untuk bisa mendapatkan produk anda, contoh: ketika anda menjual produk perumahan dengan sistem cicilan, maka anda telah memberikan bank yang mampu dan mau menjadi penanggung dana bagi si client tersebut, dan katakanlah ketika client ketika harus berhubungan dengan bank, maka banyak urusan pelengkapan dokumen dan administrasi lainnya yg harus dilengkapi, dan tentunya si client mempunyai kesibukan lain dan waktu yang terbatas untuk mengurus hal tersebut, maka langkah bijak dalam segi pelayanan bukanlah hanya menunggu si client melengkapi dokument tersebut sendiri, tetapi mengambil alih, melalui:
* biarkan kami yg mengurus semua administrasi anda dengan bank,
* anda bisa membantu kami dgn melengkapi dokumen yg diminta oleh bank, dan
* kami akan membantu anda menyelesaikan semua proses administrasi anda.
Atau contoh lain jika developer lain menerapkan DP (down payment) 20% dari total harga dan harus dibayar di awal serta margin pinjaman yang terus naik setiap tahunnya untuk diberikan, maka anda bisa memberikan dimana DP cukup 10% dan itupun bisa di cicil dan sistem margin yg tdak berubah selama masa pinjaman, ini adalah salah satu cara untk menjawab kesulitan2 client karena tentunya tdak semua orang mempunyai cash besar, di sisi lain client merasa nyaman dgan tdak perlunya lgi utk mondar mandir dan menghabiskan waktunya, dan di sisi lain anda akan mampu mempercepat proses tersebut di banding hanya dengan menunggu si client yang menyelesaikan dan ketika proses tersebut selesai maka satu dari produk anda telah ada yg membeli.
Bagaimana produk anda mampu di jangkau oleh semua kalangan dan tidak hanya terkhusus untuk kelompok ekslusif tertentu, adalah hal yang sangat penting dalam marketing dan juga sangat berpengaruh pada target pasar yang anda tuju.
Ambillah contoh mobil, tentu anda mengenal produk mobil dengan label: Mercy, Jaguar dan sebagainya. Merek-merek yang terkenal dengan kualitas mobil dan mesinnya yang sangat bagus, tetapi di sisi lain juga dikenal dengan harga yang selangit. Nah, jika anda berjalan di jalan berapa banyak mobil Mercy/Jaguar yang anda temui, sangat jarang anda bisa menemui mobil-mobil tersebut. Ya, karena yang mampu membelinya pun sedikit.
Tetapi bandingkan dengan mobil berlabel/bermerek Toyota: mereka menerapkan strategi pasar yang bisa menyentuh semua kalangan. Untuk kalangan menegah mereka mengeluarkan produk mobil Avanza dengan harga 150 jutaan. Untuk kalangan menengah ke atas mereka mengeluarkan produk Toyota Fortuner dengan harga 300 jutaan. Nah, jika anda berjalan di jalan tentunya anda dengan sangat mudah menemukan mobil dengn produk toyota dan kebanyakan adalah mobil Avanza karena memang pasar yang paling besar di Indonesia adalah kalangan menengah kebawah, anda bisa melihat mobil tersebut walau anda berada di dalam perkampungan kecil.
Ini adalah alternatif2 yg bisa kita terapkan, sehingga produk dan image perusahaan tidak terikat pada satu kelompok khusus tertentu tapi bisa menyentuh semua lapisan masyarakat. Selayaknya pebisnis muslim memegang peranan penting di semua aspek vital perekonomian masyarakat:
* Perumahan
* Pangan & sandang
* Pendidikan
* Media Informasi
* Energi
* Kesehatan
Sehingga ekonomi tdak akan goyang ktika pihak-pihak kapitalis ingin mengganggu kestabilan pasar, dan di sisi lain keperluan masyarakat mampu terpenuhi dengan baik dan harga terjangkau yg bisa menjangkau semua lapisan, dan negara mempunyai kondisi yg kondusif karena kebutuhan utama masyarakat terpenuhi dgan baik.
Subhanallah, sungguh lagi bulu kudukku berdiri mengingat kebesaran
Allah, bagaimana sempurnanya Islam mengatur kehidupan manusia dalam setiap segi dan sisi kehidupan.
Semua ini tertuju bagi Rabb ku, sungguh cinta-Nya yg ku damba dan ridhonya yang kunanti, dan balasan lain sangatlah tidak sepadan dengan yang Rabb ku siapkan.
Bismillahirrahmanirrahim.
Dalam bisnis marketing memainkan peranan yang sngat penting, sebagus apapun produk anda jika tidak ada yg membeli maka akan menjadi barang usang. Nah, bagaimana Allah mengajari kita dalam strategi marketing?
Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mukmin dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hambanya selama hambanya menolong saudaranya.”(HR. Muslim)
Jelas dari hadis tersebut, tercantum inti dari marketing yg harus dijalankan oleh seorang pebisnis, sebagai berikut:
* bagaimana produk yg anda hasilkan akan berguna bagi konsumen
* bagaimana layanan yg anda berikan mampu memberikan kenyamanan bagi konsumen
* bagaimana produk anda menjawab kesulitan-kesulitan yang dihadapi konsumen
* bagaimana anda memberikan alternatif-alternatif pilihan dalam produk anda untuk menjawab tingkat kemampuan konsumen
* bagaimana produk anda mencapai dan menjangkau semua kalangan dan bukan hanya teruntuk pada kelompok ekslusif tertentu
Itu adalah inti dari marketing. Bijaknya seorang pebisnis mampu melihat produk yg akan dihasilkannya. Katakanlah jika masih banyak dari kalangan masyarakat masih terlalu susah untuk mampu mbeli rumah, atau mndapatkan beras, maka langkah yg bijak setelah menilai keadaan tersebut bukanlah membuka butik baju-baju mahal dan bermerk, tapi bagaimana ia mampu mengeluarkan produk yg bisa menjawab permasalahan tersebut.
Contoh: mengeluarkan produk perumahan yg mampu dijangkau oleh semua kalangan/menjual beras yg mampu di beli oleh semua lapisan, ini adalah langkah bijak yang bisa di ambil stelah menilai keadaan umum masyarakat, dan tentunya produk anda akan booming insya Allah, krena memang produk andalah yang dibutuhkan oleh sebagianbesar masyarakat.
Pelayanan perusahaan memainkan peranan penting dalam memberi kenyamanan pada konsumen. Jelas jika setiap orang ingin dihormati dan diberi pelayanan memadai bukan hanya dinilai dari besar atau kecilnya pesanan konsumen tersebut.
Bijaknya bagaimana pelayanan anda mampu membuat client tdak perlu terlalu bersusah payah untuk bisa mendapatkan produk anda, contoh: ketika anda menjual produk perumahan dengan sistem cicilan, maka anda telah memberikan bank yang mampu dan mau menjadi penanggung dana bagi si client tersebut, dan katakanlah ketika client ketika harus berhubungan dengan bank, maka banyak urusan pelengkapan dokumen dan administrasi lainnya yg harus dilengkapi, dan tentunya si client mempunyai kesibukan lain dan waktu yang terbatas untuk mengurus hal tersebut, maka langkah bijak dalam segi pelayanan bukanlah hanya menunggu si client melengkapi dokument tersebut sendiri, tetapi mengambil alih, melalui:
* biarkan kami yg mengurus semua administrasi anda dengan bank,
* anda bisa membantu kami dgn melengkapi dokumen yg diminta oleh bank, dan
* kami akan membantu anda menyelesaikan semua proses administrasi anda.
Atau contoh lain jika developer lain menerapkan DP (down payment) 20% dari total harga dan harus dibayar di awal serta margin pinjaman yang terus naik setiap tahunnya untuk diberikan, maka anda bisa memberikan dimana DP cukup 10% dan itupun bisa di cicil dan sistem margin yg tdak berubah selama masa pinjaman, ini adalah salah satu cara untk menjawab kesulitan2 client karena tentunya tdak semua orang mempunyai cash besar, di sisi lain client merasa nyaman dgan tdak perlunya lgi utk mondar mandir dan menghabiskan waktunya, dan di sisi lain anda akan mampu mempercepat proses tersebut di banding hanya dengan menunggu si client yang menyelesaikan dan ketika proses tersebut selesai maka satu dari produk anda telah ada yg membeli.
Bagaimana produk anda mampu di jangkau oleh semua kalangan dan tidak hanya terkhusus untuk kelompok ekslusif tertentu, adalah hal yang sangat penting dalam marketing dan juga sangat berpengaruh pada target pasar yang anda tuju.
Ambillah contoh mobil, tentu anda mengenal produk mobil dengan label: Mercy, Jaguar dan sebagainya. Merek-merek yang terkenal dengan kualitas mobil dan mesinnya yang sangat bagus, tetapi di sisi lain juga dikenal dengan harga yang selangit. Nah, jika anda berjalan di jalan berapa banyak mobil Mercy/Jaguar yang anda temui, sangat jarang anda bisa menemui mobil-mobil tersebut. Ya, karena yang mampu membelinya pun sedikit.
Tetapi bandingkan dengan mobil berlabel/bermerek Toyota: mereka menerapkan strategi pasar yang bisa menyentuh semua kalangan. Untuk kalangan menegah mereka mengeluarkan produk mobil Avanza dengan harga 150 jutaan. Untuk kalangan menengah ke atas mereka mengeluarkan produk Toyota Fortuner dengan harga 300 jutaan. Nah, jika anda berjalan di jalan tentunya anda dengan sangat mudah menemukan mobil dengn produk toyota dan kebanyakan adalah mobil Avanza karena memang pasar yang paling besar di Indonesia adalah kalangan menengah kebawah, anda bisa melihat mobil tersebut walau anda berada di dalam perkampungan kecil.
Ini adalah alternatif2 yg bisa kita terapkan, sehingga produk dan image perusahaan tidak terikat pada satu kelompok khusus tertentu tapi bisa menyentuh semua lapisan masyarakat. Selayaknya pebisnis muslim memegang peranan penting di semua aspek vital perekonomian masyarakat:
* Perumahan
* Pangan & sandang
* Pendidikan
* Media Informasi
* Energi
* Kesehatan
Sehingga ekonomi tdak akan goyang ktika pihak-pihak kapitalis ingin mengganggu kestabilan pasar, dan di sisi lain keperluan masyarakat mampu terpenuhi dengan baik dan harga terjangkau yg bisa menjangkau semua lapisan, dan negara mempunyai kondisi yg kondusif karena kebutuhan utama masyarakat terpenuhi dgan baik.
Kalau utk barang pabrikan agak mudah mas... Standart kualitasnya jelas.
Handphone 1,5jt dan 3jt, tentu terlihat jelas standart perbedaannya.
Mobil kijang dan BMW, pasti keliatan jelas perbedaan kualitasnya.
Kualitas adlh hal yg objective. Ada harga, ada barang.
Tapi kalau utk binatang hoby (ayam), ini agak sulit krn kualitas adlh hal yg subjektif tergantung siapa yg menilai.
Bagus menurut saya, belum tentu bagus menurut orang lain.
Maka jangan heran kalau ada pembeli yg hanya punya dana 'toyota avanza', pengen beli ayam kualitas BMW.
Atau ada pedagang yg hanya punya Toyota Avanza, tapi pasang harga seperti BMW.
hehehe...
Handphone 1,5jt dan 3jt, tentu terlihat jelas standart perbedaannya.
Mobil kijang dan BMW, pasti keliatan jelas perbedaan kualitasnya.
Kualitas adlh hal yg objective. Ada harga, ada barang.
Tapi kalau utk binatang hoby (ayam), ini agak sulit krn kualitas adlh hal yg subjektif tergantung siapa yg menilai.
Bagus menurut saya, belum tentu bagus menurut orang lain.
Maka jangan heran kalau ada pembeli yg hanya punya dana 'toyota avanza', pengen beli ayam kualitas BMW.
Atau ada pedagang yg hanya punya Toyota Avanza, tapi pasang harga seperti BMW.
hehehe...
![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
Gimana Cara Eded Juragan Coffee MiracleMenerapkan strategi Jualan Yang Baik :)
Bagusnya
ada standard penilaian ayam yg dikeluarkan papaji sifatnya nasional dan
acuan harganya ke katalog trsebut yg digunakan nasional, seperti SNI ![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
Gimana Cara Eded Juragan Coffee MiracleMenerapkan strategi Jualan Yang Baik :)
Iyah mas.. betul.. kalau ada, dan diterapkan suatu hal yang baik.
Tetapi mengubah hal yang bersifat "subjektif" menjadi "objektif" kadang bukan hal yang sederhana, berkaitan pula dengan perspektif masing-masing orang. kalau ingin membuat standar suatu "barang" tentunya terlebih dahulu perpektif masing-masing orang juga dibuat relatif "seragam".
perspektif orang ke avanza tentu berbeda ke BMW.. bukan..![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
Tetapi mengubah hal yang bersifat "subjektif" menjadi "objektif" kadang bukan hal yang sederhana, berkaitan pula dengan perspektif masing-masing orang. kalau ingin membuat standar suatu "barang" tentunya terlebih dahulu perpektif masing-masing orang juga dibuat relatif "seragam".
perspektif orang ke avanza tentu berbeda ke BMW.. bukan..
![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
Gimana Cara Eded Juragan Coffee MiracleMenerapkan strategi Jualan Yang Baik :)
Inilah
yg selama ini sy pikirkan. Utk Bisnis kopi miracle, bentuk standart penilaian
seperti apa yg layak dan objective? Sepertinya sangat sulit.
Kalau benda pabrikan gampang. Ada parameter ukuran bakunya.
Lha kalo ayam, parameternya apa...??
Sering kali kejadian, ketika dites ditempat penjual, ayam terlihat bagus. Tapi ketika dites dgn ayam kita sendiri di rumah, koq jadi keliatan jelek???
Ternyata waktu di tempat penjual, ayam di tes dgn untulan. Tentu saja terlihat bagus.
Jadi, bagus jeleknya ayam, tergantung pembandingnya. Bukan krn parameter yg baku.
Kalau benda pabrikan gampang. Ada parameter ukuran bakunya.
Lha kalo ayam, parameternya apa...??
Sering kali kejadian, ketika dites ditempat penjual, ayam terlihat bagus. Tapi ketika dites dgn ayam kita sendiri di rumah, koq jadi keliatan jelek???
Ternyata waktu di tempat penjual, ayam di tes dgn untulan. Tentu saja terlihat bagus.
Jadi, bagus jeleknya ayam, tergantung pembandingnya. Bukan krn parameter yg baku.
Gimana Cara Eded Juragan Coffee MiracleMenerapkan strategi Jualan Yang Baik :)
Sebenarnya
Papaji kan lembaga resmi jadi bisa ngeluarin suatu katalog sederhana
penilaian ayam bagus atau tidak, contoh gampang, ayam bagus dinilai
dari:
- mental
- stamina
- titik incaran pukulan
- rangka badan
Kalau ke empat ini sudah mantap brarti itu sudah masuk dari kalangan ayam bagus..
Nah masalahnya hanya di penetapan harga ayam, kita pakai sistem mudah saja,contoh :
ada ayam harga 3 jutaan tpi mampu ngalahin ayam 4 jutaan,brarti harga ayam itu sudah bukan 3 juta lagi tpi minimal sudah 4 juta..jadi kalau emang harganya mau lebih tinggi ya ayamnya juga harus mampu jadi juara ngalahim ayam yg levelnya lebih tinggi,bukan level lebih rendah![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
kadang orang banyak yg sesumbar jualan ayamnya,jadi lebih bagus tuch di buat perwakilan di setiap perwakilan papaji daerah untuk membuat seleksi harga ayam dan buat sertifikasi papaji..
Contoh:
misal di jakarta perwakilannya mas admin,trus kalau ada org jakarta yg mau jual ayam laganya d jakarta itu harus lulus seleksi dulu dari mas admin mengenai harga dan kualitas ayam dan kemudian di keluarkan sertifikasi papaji bahwa ayamnya layak jual dgn kualitas bagus dan harga misalkan 2 jutaan..
Jadi si pembeli mempunyai suatu standard pembelian dan jaminan yg sifatnya nasional dan lulus uji oleh para senior yg sudah lama brgerak di bidang ayam selain juga papaji smakin trkenal,krena misalkan ada org yg mau jual ayam tpi g punya sertifikasi ini brarti ayamnya g lulus uji,klo misal ada yg alasan g mau d uji ayamnya ,klo emang punya aym juara kenapa musti takut ayamnya di uji![Wink](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_wink.gif)
dan dari setiap sertifikasi yg di berlakukan papaji juga bkerja sama dgn dinas dan instansi terkait bahwa papji bukanlah lembaga pendukung perjudian ayam,jadinya image org ke penghobi ayam smakin baik..dan dari setiap sertifikasi yg dikeluarkan papaji harusnya ada beberapa persen atau sejumlah uang yg dikeluarkan oleh si pemilik ayam utk papaji sbgai cost administrasi![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
kemudian juga papaji bisa lbih bnyak mbuat kegiatan amal,sperti mnyumbang anak yatim,etc shingga image buruk yg melekat di penghobi ayam smakin berangsur kurang..karena coba dilihat dari profil setiap anggota papaji,ada yg:tentara,pns,dokter,insinyur,pengusaha, peternak, merupakan kalangan trpelajar yg seharusnya bisa dinilai bhwa group ini merupakan kelompok org profesional yg mpunyai hobi yg sama pada ayam![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
gitu loh mas![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
- mental
- stamina
- titik incaran pukulan
- rangka badan
Kalau ke empat ini sudah mantap brarti itu sudah masuk dari kalangan ayam bagus..
Nah masalahnya hanya di penetapan harga ayam, kita pakai sistem mudah saja,contoh :
ada ayam harga 3 jutaan tpi mampu ngalahin ayam 4 jutaan,brarti harga ayam itu sudah bukan 3 juta lagi tpi minimal sudah 4 juta..jadi kalau emang harganya mau lebih tinggi ya ayamnya juga harus mampu jadi juara ngalahim ayam yg levelnya lebih tinggi,bukan level lebih rendah
![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
kadang orang banyak yg sesumbar jualan ayamnya,jadi lebih bagus tuch di buat perwakilan di setiap perwakilan papaji daerah untuk membuat seleksi harga ayam dan buat sertifikasi papaji..
Contoh:
misal di jakarta perwakilannya mas admin,trus kalau ada org jakarta yg mau jual ayam laganya d jakarta itu harus lulus seleksi dulu dari mas admin mengenai harga dan kualitas ayam dan kemudian di keluarkan sertifikasi papaji bahwa ayamnya layak jual dgn kualitas bagus dan harga misalkan 2 jutaan..
Jadi si pembeli mempunyai suatu standard pembelian dan jaminan yg sifatnya nasional dan lulus uji oleh para senior yg sudah lama brgerak di bidang ayam selain juga papaji smakin trkenal,krena misalkan ada org yg mau jual ayam tpi g punya sertifikasi ini brarti ayamnya g lulus uji,klo misal ada yg alasan g mau d uji ayamnya ,klo emang punya aym juara kenapa musti takut ayamnya di uji
![Wink](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_wink.gif)
dan dari setiap sertifikasi yg di berlakukan papaji juga bkerja sama dgn dinas dan instansi terkait bahwa papji bukanlah lembaga pendukung perjudian ayam,jadinya image org ke penghobi ayam smakin baik..dan dari setiap sertifikasi yg dikeluarkan papaji harusnya ada beberapa persen atau sejumlah uang yg dikeluarkan oleh si pemilik ayam utk papaji sbgai cost administrasi
![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
kemudian juga papaji bisa lbih bnyak mbuat kegiatan amal,sperti mnyumbang anak yatim,etc shingga image buruk yg melekat di penghobi ayam smakin berangsur kurang..karena coba dilihat dari profil setiap anggota papaji,ada yg:tentara,pns,dokter,insinyur,pengusaha, peternak, merupakan kalangan trpelajar yg seharusnya bisa dinilai bhwa group ini merupakan kelompok org profesional yg mpunyai hobi yg sama pada ayam
![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
gitu loh mas
![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)
Gimana Cara Eded Juragan Coffee MiracleMenerapkan strategi Jualan Yang Baik :)
Sebenarnya
Papaji kan lembaga resmi jadi bisa ngeluarin suatu katalog sederhana
penilaian ayam bagus atau tidak, contoh gampang, ayam bagus dinilai
dari:
- mental
- stamina
- titik incaran pukulan
- rangka badan
Ngga bisa semudah itu juga mas...
- Mental
Kuatnya mental itu ukurannya apa? Apakah ayam yg tidak keok dipukulin lebih dari 3 ronde??
Ini juga dilematis, krn menurut saya, ayam yg dipukulin terus, meskipun tidak keok, adlh ayam jelek. Masa dipukulin terus...??
hehehe...
- Stamina
Ini hubungannya dgn cara rawatan masing2. Ayam muda tentu staminanya masih jelek.
- Titik incaran pukul.
Ini juga tergantung musuhnya. Kalau musuhnya untulan, pasti titik incarannya selalu kena telak. Tapi kalau lawan musuh yg lincah dan teknik bagus, pasti akan sulit memukul dan tidak tepat sasaran.
- Rangka badan.
Kalau yg dimaksud adlh tulangan, maka bagaimana cara mengukur tebal tipisnya tulang?
Apakah hanya di raba?? Balik lagi ke hal yg subjektif.
Bagaimanapun, terima kasih atas saran2nya mas...
Selama ini yg jadi standart uji kualitas di papaji adlh dari hasil abar bareng/pertemuan PAPAJI.
Dari pengamatan saya, mereka yg sering ikutan abar bareng dgn sendirinya akan lebih mudah menilai, mana ayam yg bagus dan mana yg kurang.
Selain itu, papaji juga pernah merumuskan seperti apa kriteria ayam bagus.
Silakan dilihat : klik disini
Namun demikian, penilaian bagus atau tidaknya, sementara kita kembalikan dulu pada masing2.
PAPAJI sifatnya hanya 'menuntun' dan memberikan panduan utk memudahkan penilaian.
Rasanya tidak etis dan terkesan sombong kalau papaji diberi kewenangan utk memutuskan ayam seseorang itu jelek/tidak layak.
- mental
- stamina
- titik incaran pukulan
- rangka badan
Ngga bisa semudah itu juga mas...
- Mental
Kuatnya mental itu ukurannya apa? Apakah ayam yg tidak keok dipukulin lebih dari 3 ronde??
Ini juga dilematis, krn menurut saya, ayam yg dipukulin terus, meskipun tidak keok, adlh ayam jelek. Masa dipukulin terus...??
hehehe...
- Stamina
Ini hubungannya dgn cara rawatan masing2. Ayam muda tentu staminanya masih jelek.
- Titik incaran pukul.
Ini juga tergantung musuhnya. Kalau musuhnya untulan, pasti titik incarannya selalu kena telak. Tapi kalau lawan musuh yg lincah dan teknik bagus, pasti akan sulit memukul dan tidak tepat sasaran.
- Rangka badan.
Kalau yg dimaksud adlh tulangan, maka bagaimana cara mengukur tebal tipisnya tulang?
Apakah hanya di raba?? Balik lagi ke hal yg subjektif.
Bagaimanapun, terima kasih atas saran2nya mas...
Selama ini yg jadi standart uji kualitas di papaji adlh dari hasil abar bareng/pertemuan PAPAJI.
Dari pengamatan saya, mereka yg sering ikutan abar bareng dgn sendirinya akan lebih mudah menilai, mana ayam yg bagus dan mana yg kurang.
Selain itu, papaji juga pernah merumuskan seperti apa kriteria ayam bagus.
Silakan dilihat : klik disini
Namun demikian, penilaian bagus atau tidaknya, sementara kita kembalikan dulu pada masing2.
PAPAJI sifatnya hanya 'menuntun' dan memberikan panduan utk memudahkan penilaian.
Rasanya tidak etis dan terkesan sombong kalau papaji diberi kewenangan utk memutuskan ayam seseorang itu jelek/tidak layak.
![Very Happy](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_biggrin.png)
Gimana Cara Eded Juragan Coffee MiracleMenerapkan strategi Jualan Yang Baik :)
thanks ne mas atas jwabannya, ya saya kan anggota baru jdi hanya mengusulkan.
Tpi klau boleh saya brbagi cerita: 5 tahun saya bkerja d lmbaga asing ada 1 hal yg saya pelajari: ingin mnjadi professional mka fokus di target dan tdk trlalu memikirkan emosional,etis ini etis itu,g enak ini,gmana ya prasaan dia..tpi apa hasil yg d capai :.
Setiap pemelihara ayam mnginginkan pengakuan bhwa ayamnya adlah ayam unggulan,dan dgn mbuat sertifikasi yg d keluarkan oleh papaji mka akn ada pengakuan resmi bkan hnya dri perorangan tetapi dri kumpulan org yg mnyukai jga ahli dlm bidang ayam,tntu ktika kita brbicara papaji kta bukan bcara sosok personal tppi suatu komunitas..dan sertifikat ini diakui oleh semua penghobi ayam yg trgabung dlm papaji,hal ini juga akan memudahkan yg peternak dan penjual ayam bhwa ayam yg dipliharanya mrupakan ayam y tlah tsertifikasi oleh komunitas papaji,hinngga akan sangat mudah baginya utk mnjual ayam trsebut atau mternakkan bibit2 ayan trsebut..
Di jepang mobil brkualitas itu d uji,contoh mbil hnda jazz all new mrupakan mobil trbaik krena telah lulus uji..dan yg mngujinya adlah kumpulan ahli dlm bidang mobil..nah jka kmpulan ahli2 ayan papaji kmudian jga mlakukan hal yg sama.mka dgn sendirinya org akn brebut utk mnjadi anggota papaji atau mndapatkan sertifikasi layal dri papaji yg merupakan sebuah pengakuan yg bsa dgunakan d ha mpir sluruh wilayah indonesia ..ini saran dri anggota baru,![Wink](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_wink.gif)
Tpi klau boleh saya brbagi cerita: 5 tahun saya bkerja d lmbaga asing ada 1 hal yg saya pelajari: ingin mnjadi professional mka fokus di target dan tdk trlalu memikirkan emosional,etis ini etis itu,g enak ini,gmana ya prasaan dia..tpi apa hasil yg d capai :.
Setiap pemelihara ayam mnginginkan pengakuan bhwa ayamnya adlah ayam unggulan,dan dgn mbuat sertifikasi yg d keluarkan oleh papaji mka akn ada pengakuan resmi bkan hnya dri perorangan tetapi dri kumpulan org yg mnyukai jga ahli dlm bidang ayam,tntu ktika kita brbicara papaji kta bukan bcara sosok personal tppi suatu komunitas..dan sertifikat ini diakui oleh semua penghobi ayam yg trgabung dlm papaji,hal ini juga akan memudahkan yg peternak dan penjual ayam bhwa ayam yg dipliharanya mrupakan ayam y tlah tsertifikasi oleh komunitas papaji,hinngga akan sangat mudah baginya utk mnjual ayam trsebut atau mternakkan bibit2 ayan trsebut..
Di jepang mobil brkualitas itu d uji,contoh mbil hnda jazz all new mrupakan mobil trbaik krena telah lulus uji..dan yg mngujinya adlah kumpulan ahli dlm bidang mobil..nah jka kmpulan ahli2 ayan papaji kmudian jga mlakukan hal yg sama.mka dgn sendirinya org akn brebut utk mnjadi anggota papaji atau mndapatkan sertifikasi layal dri papaji yg merupakan sebuah pengakuan yg bsa dgunakan d ha mpir sluruh wilayah indonesia ..ini saran dri anggota baru,
![Wink](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_wink.gif)
Gimana Cara Eded Juragan Coffee MiracleMenerapkan strategi Jualan Yang Baik :)
pufa wrote:thanks ne mas atas jwabannya, ya saya kan anggota baru jdi hanya mengusulkan.
Tpi klau boleh saya brbagi cerita: 5 tahun saya bkerja d lmbaga asing ada 1 hal yg saya pelajari: ingin mnjadi professional mka fokus di target dan tdk trlalu memikirkan emosional,etis ini etis itu,g enak ini,gmana ya prasaan dia..tpi apa hasil yg d capai :.
Setiap pemelihara ayam mnginginkan pengakuan bhwa ayamnya adlah ayam unggulan,dan dgn mbuat sertifikasi yg d keluarkan oleh papaji mka akn ada pengakuan resmi bkan hnya dri perorangan tetapi dri kumpulan org yg mnyukai jga ahli dlm bidang ayam,tntu ktika kita brbicara papaji kta bukan bcara sosok personal tppi suatu komunitas..dan sertifikat ini diakui oleh semua penghobi ayam yg trgabung dlm papaji,hal ini juga akan memudahkan yg peternak dan penjual ayam bhwa ayam yg dipliharanya mrupakan ayam y tlah tsertifikasi oleh komunitas papaji,hinngga akan sangat mudah baginya utk mnjual ayam trsebut atau mternakkan bibit2 ayan trsebut..
Di jepang mobil brkualitas itu d uji,contoh mbil hnda jazz all new mrupakan mobil trbaik krena telah lulus uji..dan yg mngujinya adlah kumpulan ahli dlm bidang mobil..nah jka kmpulan ahli2 ayan papaji kmudian jga mlakukan hal yg sama.mka dgn sendirinya org akn brebut utk mnjadi anggota papaji atau mndapatkan sertifikasi layal dri papaji yg merupakan sebuah pengakuan yg bsa dgunakan d ha mpir sluruh wilayah indonesia ..ini saran dri anggota baru,
Wah sungguh beruntung PAPAJI mempunyai member tetap seperti bang Putra ini....semangat tinggi dengan wawasan yang luas dan full energy....
![Very Happy](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_biggrin.png)
![Very Happy](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_biggrin.png)
Ide2 yang dilontarkan sungguh cemerlang dan masuk akal untuk peningkatan kualitas hasil ternakan.....tapi seperti yang sudah disampaikan mas Arry bahwa untuk menilai kualitas seekor ayam tidaklah semudah menilai benda mati atau produk pabrikan yang memang sudah ada standart bakunya.....
Terlebih sejujurnya tidak ada satupun orang yang layak disebut " pandai soal ayam " karena main ayam tidak ada pintarnya dan masih terus belajar sepanjang masa...sehingga untuk menjadikan seseorang sebagai penilai atau yang berhak menilai kualitas seekor ayam adalah tidak mudah dan belum tentu yang bersangkutan bersedia......
Tetapi bagaimanapun memang arah kesana harus dicapai minimal PAPAJI bisa memberikan panduan tentang ciri fisik ataupun karakter dan tipe permainan ayam yang baik....namun tentunya tidak berhubungan dengan soal kalah menang di arena, karena soal kalah menang adalah hal yang berbeda dan sangat bergantung dari berbagai faktor......
Masalah strategi dalam berjualan setiap orang juga punya tujuan,kiat dan pasar tersendiri sehingga strategi yang dijalankan tentunya disesuaikan dengan tujuan/sasaran yang ingin dicapai .... yang terpenting adalah berikan layanan terbaik untuk pelanggan dengan kejujuran dan penghormatan sewajarnya......
Salam
![Very Happy](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_biggrin.png)
Gimana Cara Eded Juragan Coffee MiracleMenerapkan strategi Jualan Yang Baik :)
Mas
hendro dan mas admin mungkin bisa membentuk semacam dewan ahli.. atau
komisi ahli atau apa gitu.. suatu dewan kepakaran untuk menjelaskan
tentang standar-standar..sehingga persepsi dari pembaca dan member
papaji sedikit banyak bisa di buat menjadi lebih seragam..
Gimana mas hendro?
Gimana mas hendro?
![Smile](http://illiweb.com/fa/i/smiles/icon_smile.gif)